Tuesday, January 26, 2021

Wakil Bupati Blora Pimpin Rombongan OPD Study Komparasi Ke Kabupaten Batang


BATANG - Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si memimpin rombongan beberapa Kepala OPD Kabupaten Blora study komparasi ke Batang Command Center pada hari ini Selasa (26/01/2021) dalam rangka implementasi smart city di Kabupaten Blora.

Rombongan Wakil Bupati sampai di di Aula Kantor Bupati Batang tepat jam 10.05 WIB dan diterima langsung oleh Bupati Batang, Dr. H. Wihaji, S.Ag, M.Pd yang didampingi oleh Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD Batang, Sekda Batang beserta jajarannya, Kepala Bappeda serta Kepala Dinas Kominfo.

Wabup Blora dalam sambutannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan study komparasi di Pemerintah Kabupaten Batang adalah untuk mengetahui dan belajar seluk beluk Batang Command Center.

"Maksud kunjungan ini kami pertama untuk nyambung silaturahmi dengan Bupati Batang dan jajaran sekaligus untuk kulakakan ilmu, menambah pengetahuan, ngangsu kwaruh tentang Batang Command Center, yang kami harapkan dapat diimplementasikan untuk membangun Blora Smart City. Kami juga meminta masukan dan saran untuk kedepannya," kata Wakil Bupati.

Pada kesempatan tersebut,  H. Arief Rohman turut melibatkan Ketua DPRD yang diwakili oleh Wakil Ketua Musthofa, S.PdI dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meliputi Sekretariat Daerah, Bappeda, dan Dinkominfo dengan harapan dapat berdiskusi menerima masukan dan saran dari Pemkab Batang dalam upaya implementasi smart city di Kab. Blora. 

Selanjutnya Wakil Bupati menyampaikan kondisi geografis Kab. Blora separo nya hutan jati tetapi tingkat kemiskinannya msh tinggi.

"Ini yang kita harapkan kedepan bisa bersinergi, sehingga sangu ilmu yang didapat di Pemkab Batang dapat saya gunakan untuk gas poll memimpin Blora nantinya dan mengentaskan Kab. Blora dari kemiskinan," pungkas Wabup.

Pihaknya mengungkapkan, dengan dilibatkannya sejumlah kepala OPD tersebut diharapkan dapat menyerap masukan dan saran untuk membangun Blora kedepannya.

Sementara itu, Bupati Batang menyambut baik adanya kunjungan kerja yang dilakukan Pemkab Blora. Pihaknya mengatakan kesiapannya untuk turut mendukung pemerintah dalam memajukan Kabupaten Blora.

"Kami mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Pemkab Blora, terkhusus hari ini saya dan Wabup berkesempatan menyambut rombongan yang dipimpin oleh sahabat saya H. Arief Rohman, ini menjadi kehormatan bagi kami, silaturahmi sangat penting. Kami siap membantu yang kami bisa untuk Blora" ungkapnya.
Bupati Batang selanjutnya memaparkan bahwa kondisi Kab. Batang tidak jauh berbeda dengan Kab. Blora.

"Batang dan Blora tidak begitu beda. Hampir sama. APBD maupun PAD nya tidak berbeda jauh. Bedanya hanya letak geografis, Batang terletak di pantura sementara Blora dekat dengan Bengawan Solo," sambut Bupati Batang.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa saat ini kondisi masyarakat sudah berubah.

"Negara sudah berubah, karena sudah berubah, setuju tidak setuju kita dipaksa untuk menyesuaikan. Teknologi bergerak dengan cepat," lanjut Wihaji.

Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat diperlukan basis data yang akurat.

"Single data system. Data adalah basis. Salah satunya adalah smart village yang ada di setiap desa dan anggarannya diambil dari dana desa," sambung beliau.

Bupati Wihaji menjelaskan dengan Batang Command Center semua data terintegrasi 24 jam non stop.

"Di sini sudah bisa kita lihat, kita cek apa saja yang terjadi di wilayah Kab. Batang. Kalau ada apa-apa di masyarakat, bisa dilaporkan 24 jam dan untuk penanganannya dapat dilihat juga progressnya.  Salah satu kelebihan Kab. Batang adalah SIM Drive Thru yang merupakan satu-satunya di Indonesia," terang Wihaji.

Pada kesempatan itu, Sekda Blora, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si mengungkapkan bahwa kunjungan kerja kali ini akan segera ditindaklanjuti.

Usai melakukan rapat koordinasi, Wakil Bupati beserta rombongan meninjau langsung lokasi Batang Command Center dan berdiskusi terkait hal teknis . (HFD/Red)  
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »