Wednesday, August 11, 2021

Berdirinya pabrik Biomassa di Landoh Rembang, sangat Strategis

MANTINGAN – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan dapat kunjungan Direktur Komersial kayu Perhutani Ahmad Ibrahim di Eks-Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Desa landoh kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. (11/08/2021)  

Ikut mendampingi Konsultan pendirian pabrik Biomassa Dede,  Dadut Waka Divisi Regional bidang bisnis , Administratur KPH Mantingan Marsaid , Waka Administratur Dwi Anggoro Kasih dengan jajaran Asper KPH Mantingan, Pimpinan Hutan Wilayah IV Niken Setyorini dan Waka PHW Dimyati.

Dihadapan awak media Direktur Komersial Kayu Ahmad Ibrahim mengatakan bahwa Perhutani berencana untuk membuat Pabrik pengolahan kayu Gamal (Cleriside) yang berlokasi di eks-TPK landoh kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. 

"Saat ini Perhutani membuat terobosan dengan menanam gamal untuk dimanfaatkan kayunya sebagai bahan bakar terbarukan yang ramah akan lingkungan. mengingat untuk Sumber Daya Hutan bidang Kayu Jati sudah mulai menipis," ujar Ahmad Ibrahim.

Lanjut Ahmad bahwa 
hal ini perlu dikembangkan bisnis lain yang berpotensi untuk dapat mengangkat bisnis Perhutani mempertahankan kelestarian hutan dan juga memberikan alternatif energi terbarukan yang ramah lingkungan. kita akan bekerjasama dengan PLN untuk pasokan Biomassa sebagai pengganti batubara di PLTD yang berada di Kecamatan Sluke kabupaten Rembang.

"Saat ini tanaman gamal di kabupaten Rembang tahun 2021 sudah mencapai 6000 hektar dan untuk tingkat Jawa Tengah,Jawa Timur dan Jawa Barat  jumlahnya mencapai  27.000 hektar.  Untuk tahun tahun berikutnya rencana jangka panjang (RJP)  kita akan tambah menjadi 72.000 hektar," pungkasnya

Pada kesempatan itu, Konsultan Pendirian pabrik Biomassa Dede menjelaskan bahwa untuk tempat di Landoh ini sudah cukup strategis yang berada ditengah-tengah antar KPH. 

"Pabrik ini nantinya akan menerima pasokan bahan baku dari KPH mantingan, KPH Kebonharjo, KPH Jatirogo, KPH Blora, KPH Pati, KPH Cepu dan KPH Randublatung," terang Dede.

Yang penting, lanjut Dede,  nantinya untuk sumber mata air dilingkungan pabrik ada, tinggal apa daerah sekitar Landoh ini ada sumur Artetis atau gak.

"Kalau tempat sudah strategis untuk menampung hasil dari KPH sekitar dan di Landoh ini berada ditengah-tengahnya," tandas Dede sambil berjalan mengelilingi kawasan yang akan digunakan pendirian  pabrik biomassa. (DNR/Red)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »