Tuesday, September 28, 2021

Kurun Waktu Sembilan Bulan Ratusan Pohon dikawasan Hutan Mantingan Dibalak

 


 

REMBANG - Dalam kurun waktu sembilan bulan ratusan pohon Jati dan sonokeling di hutan Perhutani KPH Mantingan  dibalak para pelaku ileggal logging. Karena harga kayu jati mahal dan Kayu sono keling melangit harganya, maka banya dari mereka memilih pohon sono keling untuk dibabat. (28/09/2021).

 

Disela sela Persiapan Tanaman tahun 2022 Waka Administratur KPH Mantingan Dwi Anggoro Kasih menyampaikan untuk di wilayah Mantingan dari  Januari hingga september 2021 kita sudah kehilangan 388 pohon yang terdiri dari sonokeling dan Jati.

 

Rata-rata mereka membabat di daerah bagian hutan kalinanas dan bagian hutan Ngiri . karena di kedua wilayah itu masih cukup banyak tanaman tahun 1930 hingga tahun 1980.“ tuturnya.

 

Lanjut Anggoro dari 388 pohon yang hilang itu terjadi dalam 76 kasus pencurian. dan kerugian mencapai 175 juta dengan prosentase 73,30%. ini ejadian tahun 2021. sedangkan untuk untuk tahun 2020 kita kehilangan 474 pohon dan kerugian kita mencapai 238 juta dengan prosentase 81,86 %.

 

Dibandingkan dengan tahun lalu ,ada penurunan 6,56%. . dengan nilai kerugian 63 Juta,” terang Anggoro. Walaupun masa pandemi sudah turun dilevel 2 namun para pelaku masih tetap nekat untuk membabat pohon-pohon di hutan negara.

 

Kita sudah intensifkan petugas kita mulai Polisi hutan sampai mandor Polter dan bntuan Polisi Sabhara dari Polres Blora untuk membek up keamanan di wilayah hutan kita. dari kasus illegal logging yang terjadi di Mantingan hampir 50%  dapat kita gagalkan,“ jelas Anggoro.

 

Dengan intesitas patroli rutin secara berkala cukup mengurangi pelaku pembalakan dan juga mempersempit gerakan dan kesempatan bagi para pembalak kayu. hal inilah yang menjadikan turunya pencurian di dalam hutan Negara.

 

Anggoro berharap untuk akhir tahun 2021 keamanan hutan wilayah KPH Mantingan tetap waspada dan stabil. karena masa pandemi masih diperpanjang ,ekonomi masih tetap sulit. walaupun pemerintah talah menggelontorkan banyak bantuan,tetapi tidak mengurangi para pelaku pembabatan Hutan untuk berhenti melakukan penebangan liar.” tandasnya sambil melanjutkan pemeriksaan oper spin di area persemaian Bulu Rembang. (SIGIT/Red)

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »