Wednesday, September 15, 2021

Perhutani Sasar Mayarakat Kalinanas dalam sosialisasi Biomassa



MANTINGAN - Untuk mensukseskan tanaman biomassa klereside, Perhutani terus sasar masyarakat kawasan hutan untuk menanam gamal atau kleriside. pertemuan yang difasilitasi oleh desa di Balai desa Kalinanas kecamatan Japah Kabupaten Blora. Rabu (15/09/2021)

 

Hadir dalam sosialisasi Kepala Desa Kalinanas Jani, Kepala Resor Pemangkuan Hutan (KRPH) Agung Siswantoyo, Kepala Sub Seksi Komonikasi Perusahaan (Komper).Ismartoyo,  Sekdes kalinanas Sutirto,Jamhari kepala dusun, ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan Sumber Urip Sarbini.

 

Administratur KPH Mantingan Marsaid melalui KSS Komper Ismartoyo menyampaikan bahwa untuk Perhutani sedang mengembangkan Bisnis tanaman daur pendek juga mengembangkan tanaman penggantibahan bakar ramah lingkungan. “terang Moyo.

 

Ia juga menambahkan bahwa untuk kegiatan penanaman klereside tidak semua petak yang ada di Kalinanasditanami klereside ataupun gamal. karena Perhutani masih memberikan garapan kepada masyarakat sekitar hutan untuk tetap menjadi mitra dalam penggarapan di kawasan hutan. “pungkasnya.

 

Kepala Desa Kalinanas Jani mengharapkan untuk para pesanggem dapat menggarap tanah kawasansesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Jani Juga menyinggung di kawasan kita kan ada Waduk , itu nanti bisa menjadi sumber penghasilan desa masyarakat sekitar hutan dengan membangun wisata rintisan.

 

Lanjut Jani ia berharap untuk jarak tanam klereside tidak 2x1 , tetapi bisa dirubah menjadi 2x3. hal ini untuk memberikan ruang kepada LMDH dan masyarakat tetap bisa menggarap. kalau masih jarak tanam 2x1 terlalu rapat dan tanamannya itu sulit untuk berkembang” beber Jani.

 

Asper Kalinanas Endang Priyanto melalui  KRPH Kedung bacin menyampaikan bahwa untuk keluasan yang ada di pangkuan desa Kalinanas untuk tahun 2021 yang akan ditanami klereside atau gamal sekira 180 hektar dari keluasan yang ada. “Turur Agung.

 

“lanjut Agung, yang penting pesanggem dan LMDH dapat mensinergikan kepada penggarap untuk kesuksesan tanaman  pokok klereside atau gamal  yang berdaur pendek. Jangan sampai tanaman pokoknya tidak timbuh ,namun tanaman garapannya tumbuh subur. ini gak boleh terjadi,”tegas Agung kepada para penggarap. 

 

Ketua LMDH Sumber Urip Sarbini menambahkan sebagai mitra Perhutani karena tanaman klereside merupakan terobosan baru kami akan memberikan pemahaman dilapangan agar tanaman gamal ini bisa bersanding dengan tanaman lain,dan tumbuh berkembang dengan baik. (Kom/PHT/Mnt/Sgt/Red).

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »