Friday, September 17, 2021

Sambangi Persemaian Beramai - Ramai untuk Pantau lebih Intesif Pertumbuhan Benih yang Siap Tanam

 


REMBANG -  Perhutani, Untuk menanam dalam kawasan hutan usai tebangan dibutuhkan bibit yang berkwalitas dari areal persemaian. Mengingat memasuki masa penanaman nanti di bulan Desember dan Januari dibutuhkan bibit tanaman Jati JPP, KBK, dan Tanaman Rimba lainya harus kuat saat nantinya ditanam.

 

Bila bibit yang diambil baik namun pada saat pengangkutan itu tidak tertata dengan rapi bibit akan mengalami strees. agar bibit tetap baik maka perlu perlakuan khusus mulai dari persemaian sampai anggkutan ke lokasi Penanaman dalam kawasan hutan.

 

Untuk menjaga prosentase tumbuh di persemaian Management KPH Mantingan ramai-ramai rod show sambangi Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) yang mempunyai areal Persemaian. Mulai BKPH Demaan di Areal Waduk Panohan, BKPH Kebon di areal tanah tanah DK, BKPH Ngiri Areal dukuh Tlogo, BKPH Medang lokasi sekitar Kantor BKPH. Jum,at (17/09/2021)

 

Waka Administratur KPH Mantingan Dwi Anggoro Kasih yang juga didampingi Kasi PBB Kuswantoro,Kasi SDH dan PS Kasmijan,Kasi Produksi Sudartomo mengatakan bahwa untuk mensukseskan persediaan bibit sebelum menjelang masa penanaman dalam kawasan.

 

"Kami perlu memastikan target persemaian harus 100 % dan bibit yang kita semai bulan ini bisa tumbuh dengan baik di areal persemaian,”Jelas Anggoro.

 

Keterlambatan dalam penyediaan bibit tanaman akan menghambat pekerjaan di lapangan, mengingat disaat musim hujan tiba bibit yang ada harus sugah siap tanam. artinya baik untuk ditanam saat hujan maupun maupun setelah hujan bibit dapat tumbuh dengan baik. termasuk untuk cadangan sulaman di lapangan juga harus dalam kondis baik.

 

"Tidak semua bibit yang ditanam dilapangan bisa 100% tumbuh baik” Kadang karena kondisi Cuaca atau alam, penggembalaan, gangguan manusia, itu dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman," tutur Anggoro sambil memberikan semangat para penabur benih di area  Persemaian.

 

Sumirah pekerja yang berada di persemaian BKPH Kebon kami merasa senang sering dikunjungi bapak-bapak pimpinan, karena memberikan semangat agar bibit yang ditebarkan di areal bedeng bisa tumbuh dengan baik dan cepat.

 

"Kami diberikan semangat agar bibit yang kami tebarkan di areal bedeng tanam bisa tumbuh cepat sesuai dengan rencana kerja dan target persemaian harus tumbuh 100%," ucap Sumirah sambil terus mencabuti rumput yang ada di sekitar bedeng tanaman. (Sigit/Red)

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »