Sunday, January 9, 2022

Tak Mengenal Hari Libur Kepala Resor dan Jajaran Mondor Tanam Kebut Sulam Tanaman di Hutan Negara Mantingan


REMBANG - Tak Mengenal hari Libur Kepala Resor Pemangku Hutan (KRPH) dan mandor tanam di semua wilayah KPH  Mantingan melakukan sulaman tanaman yang mati. Baik untuk tanaman tahun 2019 tahun 2020 dan tanaman tahun 2021. Mengingat  hujan masih turun dan mereka harus mengejar target tanaman harus 100%.

Sepeda motor sebagai trasportasi angkut bibit langsung dipasang bronjong untuk mengangkut bibit dari tempat penimbunan bibit ke petak dan anak petak. Dengan medan yang licin serta banyaknya illang di alur menuju anak petak tak membuat mereka patah semangat dalam membuat tanaman. 

Seperti Minggu (/9/01/2022) KRPH Logede Bambang Sofiayana begitu gigih untuk mengangkut bibit yang untuk sulam tanaman di kawasan hutan RPH Logede.

"Kami tidak mengenal hari Minggu mas ,”tutur Bambang sambil memacu sepedanya di lahan-lahan yang jauh dari jalan utama," ucapnya.

Administratur KPH Mantingan Marsaid melalui Asper Demaan Rusmanto mengatakan Rimbawan hanya mengenal cuaca. kami tidak mengenal hari libur. Hari Minggu ini semua mandor dan KRPH sedang sibuk mengangkut tanaman sulaman di petak-petak yang mati tanamannya. kami ingin sukses tanaman yang dicanangkan oleh menegemen KPH 100%.

"Mumpung hujannya masih banyak turun sehingga kita manfaatkan untuk sulam tanaman di semua kawasan yang hutan negara pasca tebangan. tidak hanya tanaman jati tetapi tanaman yang berumur pendekpun kita sulam mulai Gamal ,gemilina,akasia mangium. karena musim hujan sekarang itu tidak menentu. Kadang 3 hari panas 1 hari hujan. kalau pas hujan deras malamnya pagi kita sulam kan tanahnya sudah gembur,”  terang Rusmanto.

Dengan tenaga yang terbatas Rimbawan tak kenal lelah untuk menhijaukan kawasan hutan negara. Ini salah bentuk sumbangsih oksigen kepada dunia, imbuhnya.

"Hutan sebagai sumber kehidupan, hutan sebagai pengatur tata air dan hutan sebagai tempat hidup hewan dan tumbuhan," pungkasnya. (Sigit/DNR/Red)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »