Friday, August 19, 2022

Tampil Memukau Dalam HUT Ke-77 RI, Pagelaran Seni Ketoprak Cilik Pemainnya Dapat Saweran Para Penonton


REMBANG -  Malam pagelaran ketoprak cilik yang dimaninkan oleh anak-anak dari SDN 1 Sulang tampil memukau di Pendopo kecamatan Sulang kabupaten Rembang. Ratusan anak – anak, remaja dan ibu-ibu serta bapak - bakak ikut larut dalam penampilan apik ketoprak cilik yang diprakarsai oleh Ismartoyo KSS Kemitraan Produktif Perum Perhutani KPH Mantingan.  Jum’at  (18/8/2022).

Malam kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat kecamatan yang dilaksanakan di pendopo kecamatan Sulang sangat meriah. Ya karena setelah dua tahun tidak tampil karena pandemi covid 19, kini seniman sudah bisa tampil kembali tatap muka dengan penonton.

Ketua panitia 17-san tingkat kecamatan Sulang Rudianto yang juga kepala desa Sulang menyampaikan bahwa berkeinginan seniman yang selama ini terpuruk bisa bangkit dan tampil kembali.

"Mereka selama pandemi tidak dapat penghasilan jadi malam ini kita tampilkan lewat Pagelaran seni ketoprak cilik Bangun Siswo Budoyo dari SDN 1 Sulang,” jelas Rudianto.

Pagelaran seni ketoprak dengan Lakon "Joko Kendil Nemu Jodo" dibuka dengan tari gambyong oleh adik Vania dan Syafa. Usai Gambyong di lanjutkan dengan tampilan seluruh pemain ketoprak untuk diperkenalkan pada para penonton. 

Ketika sesi lawak tampilan anak-anak yang dipandu pelawak kawakan Sunardi (meler) membuat penonton tertawa dengan perilaku anak-anak yang kadang lupa dengan naskah yang telah dihafalkannya. Justru dari itu yang membuat ketoprak semakin hidup tampilannya. Karena kelucuannya, undangan yang hadir mulai dari Forkopimcam, Camat, DanRamil, Kapolsek Sulang ikut nyawer kepada para pemain. Dari saweran 5000 rupiah hingga seratus ribu rupiah.

Yang lebih menggelikan lagi ketika pemeran utama  Joko Kendil keluar membuat terpesona dan menghipnotis penonton karena keluguannya dalam berimprov membuat ia mendapatkan saweran uang dan simpati dari penonton. Gelak tawa tak bisa dibendung karena  kelucuannya dalam menghafal naskah dengan suara agak bindeng (sengau).

Kepala Sekolah SDN 1 Sulang  Moch Sakir SPd.  menjelaskan bahwa sebetulnya ketoprak dari siswa SDN ini pernah tampil untuk pertama kalinya sebelum masa pandemi. Ini tampilan ke-2 setelah pandemi.

"Kami sangat mengapresiasi Ketua Komite SDN 1 Sulang Bapak Ismartoyo dalam tempo 1 bulan bisa melatih anak-anak untuk tampil dalam pagelaran seni ketoprak Siswo Budoyo,” ujar Moch Sakir.

Lanjut Sakir, jadi mulai dari penabuh bonang, peking,  gong, demung, saron, slenthem, kethuk dan kenong semua dilakukan oleh anak-anak. Untuk kendang dan tambahan orgen tunggal dibantu oleh orang dewasa. Dan hari ini anak –anak tampil cukup baik sesuai dengan skenario walaupun kadang improvnya masih harus dibantu oleh pemain aslinya. 

"Jadi tampilan tadi malam gabungan anak kelas 5 dan kelas 6 dan juga semua dewan guru ikut mengombyong dalam tampilan ketoprak di halaman Pendopo kecamatan Sulang yang berakhir pukul 11.00 WIB," tandas Kepala SDN 1 Sulang.

Pada kesempatan itu, salah satu pemain bonang Dina yang begitu trampil dan cekatan memukul bonang mengatakan bahwa ia memang suka dengan seni kerawitan. Karena orang tua saya juga seneng dengan seni jawa utamanya kerawitan maupun ketoprak. 

"Sudah berapa lama latihan? Sudah lama, masa pandemi gak pernah latihan’jawab Dina. Tetapi untuk tampilan malam ini kita dilatih baru 1 bulan jadi ya teman-teman kadang ada yang lupa,” jawab Dina dengan senyum-senyum.

Sementara itu, Koordinator  Ketroprak Bangun Siswo Budoyo, Ismartoyo menambahkan bahwa dari siswa yang ikut ini ada juga siswa dari Jawa Barat, namanya Tata yang notabene belum bisa berbahasa Jawa. Namun karena kesabaran dan ketekunan dalam berlatih ia juga bisa mengikuti.

"Kami ingin seni ketoprak ini sebagai warisan budaya kita tanamkan dan kita kenalkan agar generasi muda kita tidak lupa dan juga mencintai kesenian dan budaya Indonesia. Bukan seni dari negeri orang yang kultul budayanya beda dengan negeri kita tercinta,” pungkas Ismartoyo. (Sigit/DNR/Red)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »