Sunday, September 16, 2018

BLORA TUAN RUMAH AEROMODELLING PORPROV JAWA TENGAH XV 2018

Penggemar Olah Raga Aeromodelling

Blora,- Masyarakat Blora dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora patut bersyukur karena ditunjuknya sebagai Tuan rumah Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jateng XV 2018 cabang olah raga Aeromodelling yang diadakan pada 19-25 Oktober 2018. Dimana sebulan lagi acara tersebut diatas akan berlangsung dan tempatnya adalah di Runway Lapangan Terbang (Lapter) Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.
Lapter Ngloram sedang disiapkan untuk menjadi Bandara Udara Domestik Pengumpan (Domestic of Spoke) yang terintegrasi dengan Setasiun Kereta Api (KA)  Kapuan, sekarang ini lagi proses pekerjaan pemagaran tanah existing dan pembuatan Masterplan.
Kalau di Asian Games 2018 ada 2 venue yaitu Jakarta dan Palembang dan diikuti 45 Negara Asia, maka Porpov Jateng XV 2018 ada 4 venue yaitu Semarang, Surakarta, Magelang dan Blora dan diikuti 35 Kabupaten/Kota seluruh Jawa Tengah.

Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Blora Anggota Tim Reaktivasi Percepatan bandara Ngloram sekaligus Dosen Teknik Mesin STTR Cepu Djati Walujastono Menjelaskan bahwa Aeromodelling adalah kegiatan olah raga yang terkait dengan perencanaan, perancangan, pembuatan, dan penerbangan pesawat model.

Lanjut Djati, Sedangkan pesawat model adalah pesawat udara tak berawak dengan batasan-batasan tertentu yang meliputi batasan ukuran pesawat, batasan mesin dan batasan bentuk, pesawat tak berawak untuk keperluan pengintaian atau misi ke luar angkasa misalnya oleh militer atau badan luar angkasa, akan disebut sebagai pesawat tak berawak atau Unmanned Air Vehicle (UAV), dan tidak termasuk pada kategori Aeromodelling.

Katanya, Di Indonesia Aeromodelling sudah ada sejak tahun 1945 bersamaan dengan dirintisnya pembuatan pesawat layang pertama di Yogjakarta (Aeromodelling dan Pandu Udara) dan berkembang di kota-kota besar, Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogjakarta, Malang dan Solo. “Dalam perkembangannya Aeromodelling tidak lepas dari peran TNI AU sampai sekarang,” jelas Dosen STTR Cepu itu.

PORDIRGA Aeromodelling FASI adalah sebuah organisasi olah raga dirgantara yang merupakan alat organisasi dari PB FASI (Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia) yang menangani bidang Aeromodelling dengan wewenang Nasional. Organisisasi ini juga membawahi Pengda-pengda Aeromodelling di seluruh Indonesia. Club-club Aeromodelling berdiri dibawah naungan masing-masing Pengda.
Pada saat kelahirannya Aeromodelling diperkenalkan oleh TNI AU dan sekarang berkembang luas menjadi olah raga dirgantara yang didalamya terdiri dari segala macam unsur masyarakat, ada pelajar, mahasiswa, profesionl, TNI dan lainnya. Seiring dengan meningkatnya perkembangan komunitas pelaku Aeromodelling, maka bermunculan pula penyedia peralatan aeromodelling baik itu penjual maupun pembuat. Para pelaku aeromodelling ini biasanya membentuk kelompok yang berbentuk club aeromodelling untuk menampung kegiatan dirgantara aeromodelling,

Menurutnya, Di Ngloram nanti akan dipertandingkan cabang olah raga Aeromodelling Porprov XV 2018, sebanyak 3 kelas, yaitu kelas F1 (Free Flight), kelas F2 (Control Line), dan kelas F3 (Radio Control). Khusus Free Flight akan dipertandingkan F1A  (Glider A2), F1H (Glider A1), dan Chuck Glider/OHLG (On Hand Lauched Glider). Sedangkan kelas Control Line akan dipertandingkan F2A (CL Team Race), F2C (CL Speed), dan F2D (CL Combat). Sedangkan kelas Radio Control akan dipertandingkan F3A (RC Aerobatic), F3C (RC Helicopter), F3R (RC Pylon Racing), F3J (RC Thermal Duration Glider). yang mana Runway akan di overlay/Hotmix 100 m x 6 m tebal minimum 3 Cm untuk take off dan landing pesawat Aerobatic,  dan pesawat Pylon Racing.

Pesawat udara dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pesawat udara Aerodinamis dan pesawat udara Aerostatis. Pesawat udara Aerodinamis terdiri dari 2 kelompok yaitu pesawat bermotor dan tidak bermotor. Yang bermotor terdiri dari bersayap tetap (Fixed Wing) dan sayap putar (Rotary Wing). Yang tidak bermotor terdiri dari pesawat luncur (Glider), pesawat layang (Sail Plane) dan layang-layang. Pesawat udara Aerostatis terdiri dari kapal udara dan balon udara. Sedangkan pesawat model dibagi menjadi pesawat model bermotor dan pesawat model tidak bermotor. Untuk pesawat model kompetisi/prestasi klasifikainya memiliki standard FAI (Federation Aeronatique Internationale) yang berkedudukan di Paris, Perancis.

Dipakainya Lapter Ngloram untuk Porprov Jateng XV 2018 cabor Aeromodelling, maka Lapter Bandara Ngloram akan dikenal terutama dari kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

Sementara itu, Bupati Blora, Djoko Nugroho telah mendukung penuh, Lapter Ngloram Cepu sebagai venue atau tuan rumah cabang olah raga Aeromodelling. Dan harapan Beliau nantinya kalau sukses sebagai tuan rumah Porprov Jateng XV 2018 cabor aeromodelling, maka Blora juga siap untuk Kejurnas Aeromodelling.

“Melalui Kejuaraan Aeromodelling lapter Ngloram nantinya akan dikenal di seluruh Indonesia sebagai venue kejurnas Aeromodelling sebelum menjadi bandara Ngloram dibangun sebagai bandara Domestik pengumpan,” pungkas Djoko Nugroho. (Purnomo/Red)

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »