Thursday, January 23, 2020

Menuju Kemandirian, DBM Beri Pelatihan Membatik Difabel Pati

DBM Ajari Membatik
BLORA - Kepedulian terhadap sesama ditunjukkan penyandang disabilitas Kabupaten Blora. Dengan kemampuan membatik yang dimiliki, mereka menularkan kemampuannya itu kepada Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati.

Ketua Difabel Blora Mustika (DBM) Abdul Ghofur mengatakan, pelatihan membatik ini sebagai sarana untuk meningkatkan skill dan ketrampilan menuju kemandirian agar para penyandang disabilitas di Kabupaten Pati bisa berdaya guna. Sehingga kedepan, diharapkan para penyandang disabilitas di Pati bisa mandiri tanpa harus ketergantungan terhadap orang lain.

"Kita sebagai senasib tidak ingin melihat teman-teman kita mendapatkan diskriminasi di daerahnya. Kita ajak mereka untuk bangkit dan berpikir optimis untuk terus maju,"  ucap Ghofur, Selasa (21/01/2020).

Ghofur menjelaskan, dalam kegiatan ini, anggota DBM mengajarkan tata cara dalam proses membatik, mulai dari pemilihan motif, mencanting hingga proses pewarnaan.

"Saya sangat kagum semangat mereka. Mereka datang dari daerah yang jauh hanya untuk berlatih membatik. Kami harap, setelah mendapat pelatihan ini, mereka bisa mengembangkan kemampuan mereka di daerahnya masing-masing," harap mantan guru SMK ini.

Sementara itu, Ratno Ketua PPDI Kabupaten Pati mengungkapkan, penyandang disabilitas di Kabupaten Pati ada 300 orang. Ia pun menyambut baik pelatihan membatik oleh anggota DBM. Ratno  berharap, difabel di Pati kelak bisa meningkatkan kemampuannya dibidang  membatik.

"Tentunya pelatihan semacam ini yang kami butuhkan. Sehingga kedepannya kami bisa mengembangkan diri dan tidak lagi bergantung pada orang lain," ungkapnya. (SYN/RED)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »