Wednesday, March 30, 2022

Sharing LMDH Wono Sumber Mulyo Bleboh, Tingkatkan SDM Lokal


BLORA - Desa Bleboh  Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar sharing  proporsi untuk desa dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Sumber Mulyo yang berlangsung di Balaidesa Bleboh, Selasa 29 Maret 2022.

Ketua LMDH Wono Sumber Mulyo, Muhammad Achmad Triyono mengatakan bahwa 
proporsi sharing yang diterimakan untuk desa adalah 10% dari LMDH,  langsung diserahkan kepada kepala desa dengan total kurang lebihnya 31 juta rupiah.

Selain itu, ada proporsi forum komunikasi pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) desa juga ada proporsi forum PHBM tingkat kecamatan sebesar 2% juga PHBM kabupaten juga 2%, imbuh Triyono.

"Itulah dari dana bersih yang kita serahkan dan untuk operasional dan untuk intensif lembaga 10% serta yang paling besar untuk penguatan kelembagaan 40% atau membentuk badan usaha lembaga, usaha produksi setelah dipotong pajak dan biaya subsidi silang," ucap Ketua LMDH Triyono.

Lebih lanjut, Ketua LMDH mengatakan bahwa LMDH perlu menguatkan kelembagaan yang aktif dan tidak aktif seperti pesanggem walau itu bukan anggota LMDH tapi juga merupakan bagian dari anggota yang juga mempunya hak, jadi tidak hanya pengurus karena pesanggem bukan pengurus tapi berada ditengah dan sehari harinya.

"Sebagai pesanggem mempunyai kewajiban mendapatkan kontribusi silang, adapun kegiatannya patroli hutan dan koordinasi antar pelaksana piket. Seperti satuan pengendali kebakaran (Satdalkan)," ungkap Ketua LMDH Wono Sumber Mulyo.

"Dia katakan rencana anggaran sharing proporsi desa Bleboh untuk pembangunan infrastruktur   dan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal agar dapat bermanfaat kedepannya," tandas Ketua LMDH Triyono.

Administrator Perhutani  KPH Cepu Ir. Mustopo melalui Suyoko KSS Perhutani Sosial KPH cepu menurutnya saat sambutan pembagian proporsi sharing di balai desa Bleboh kecamatan Jiken menyampaikan bahwa Adm. tidak bisa hadir saat ini sedang ada undangan HUT Perhutani yang Ke-61.

"Sharing tinggal satu kali ini yaitu tahun 2021 antara perhutani dan LMDH kedepan pihak perhutani dan LMDH Masih tapi  kerjasamanya pengelolaan hutan kemitraan kehutanan produktif  artinya bisa dikatakan kerjasama ini masih luas dibanding sharing tebangan, disini nanti lebih pada kelompok usaha atau koperasi," kata Suyoko.

Sementara itu, Kepala Desa Bleboh Leles Budiyanto ketika di konfirmasi diruang kerjanya, membenarkan bahwa pihak desanya mendapatkan anggaran proporsi sharing dari LMDH Wana Sumber Mulyo sebesar kurang lebihnya 31 juta rupiah diterimanya secara tunai.

"Memang pihak desa menerima 10% dari hasil proporsi sharing dari LMDH Wana Sumber Mulyo dan nanti akan kami gunakan utuk pembangunan infrastruktur desa,"  pungkas Kepala Desa Bleboh. (Made/Red). 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »