Friday, June 18, 2021

Mahasiswa ITB Patroli Bareng Polhut Mobil di sekitar Pos Sriwing Kalinanas

MANTINGAN -  Mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Institut Teknologi Bandung (ITB) patroli bareng Polhut mobil dalam kawasan hutan di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kalinanas. Kamis, (17/06/2021).

Patroli bareng dipimpin langsung oleh Wakil Administratur Dwi Anggoro Kasih dan langsung menuju Pos Sriwing Kalinanas. Ikut  dalam patroli malam,Asisten Perhutani (Asper) Kalinanas Endang P dan Asper Ngiri M Tafif, komandan Regu (Danru) Polhut Agus Tatang S. Kepala Resor Pemangkuan Hutan (KRPH ) Kedumgbacin Agung Citatoz,KRPH Gaplokan Soemindar dan KRPH Bedingin Muhammad  dan ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gaplokan Salikin ,serta beberapa mandor Polter Kalinanas.

Waka Administratur Dwi Anggoro Kasih mengatakan bahwa untuk petugas yang patroli ini semuanya dalam siaga dan ada beberapa Polisi Shabara yang mem-back up keamanan untuk wilayah BKPH Kalinanas dan BKPH Ngiri.

"Kegiatan Patroli malam ini juga diperkuat dengan anggota dari LMDH Gaplokan sebagai mitra Perhutani dalam pengelolaan hutan bersama masyarakat,"  tutur Anggoro dihadapan Mahasiswa yang ikut Patroli malam.

Lanjut Anggoro, nanti kita akan buat rencana patroli malam agar arah tim patroli tidak terbaca oleh para pelaku illegal logging.

"Nanti jam 02.00 WIB  dinihari kita coba akan menyisir daerah – daerah rawan di BKPH Kalinanas dan Ngiri,” jelasnya.

Frista Dinata Aritonang mahasiswi yang ikut baru pertama kali ikut patroli malam mengatakan rasanya serem juga berada dalam kawasan hutan tapi tengah malam. ternyata  dalam pos juga tersedia peralatan masak dan juga tempat tidur sederhana. 

"Dan petugasnya sangat pemberani,  ditengah hutan malam naik sepeda motor sendiri. dan ia merasa salut dengan petugas tetap sigap dan waspada walaupun siangnya juga keliling berpatroli,” ungkapnya sambil memakai jaket karena dinginnya angin malam.

Sementara itu, Ketua LMDH Gaplokan  Salikin menjelaskan bahwa  pembagian anggota LMDH ikut patroli tiap malam 2 orang.

"Bila ada kejadian kami akan mendatangkan teman-teman anggota untuk ikut mengamankan area Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama dengan pak Mantri,"  terang Salikin. 

Untuk diketahui, sekitar pukul 01.00 WIB pasukan patroli bergerak ke petak 60,61,69 dan 70 untuk memantau kalau-kalau ada pergerakan pelaku illegal loging. Team patroli langsung tancap gas mengelilingi hutan BKPH Ngiri petak 95 dan 124. dan sekitarnya hingga pukul 05.00 pagi. Team KPH langsung meninggalkan kawasan hutan untuk kembali ke Pos Induk Di Kantor KPH Mantingan. (Kom/PHT/MNT/SGT/Red).
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »