Thursday, January 20, 2022

Tanaman Gamal Tahun 2019 KPH Mantingan Jadi Yang Terbaik Tingkat Direksi


MANTINGAN - Tanaman gamal atau Clereside tahun tanam 2019 Perhutani KPH Mantingan menjadi yang terbaik tingkat Direksi. Usai di uji petik oleh tim dari Direksi Perhutani. Kamis (20/01/2022).

Usai Sosiaisasi Pekerjaan tahun 2022, Kepala Seksi Sumber Daya Hutan (Kasi SDH) mengatakan bahwa untuk tanaman gamal tahun 2019 KPH Mantingan menduduki rangking 1 tingkat Direksi tumbuh  dengan prosentase tumbuh 96%.

"Ya ini kerja keras teman-teman di lapangan mulai dari Mandor,KRPH dan Asper semua kompak untuk mensukseskan tanaman gamal,” ujar dia.


Bahkan 06 Januari 2022 lalu, Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro juga datang untuk melihat dari dekat petak 115 C-1 RPH Sadang BKPH Kebon untuk melihat dari dekat kesiapan bahan baku biomassa sebagai bahan baku ramah lingkungan. 

"Karena pabrik biomassa dalam waktu dekat akan dibangun di Rembang tahun 2022 dan akhir tahun sudah bisa beropersi," ungkapnya.


Ia juga berpesan untuk tanaman gamal tahun 2019, betul-betul kita siapkan agar saat masa panen 1 hektar bisa memperoleh 40 ton. dengan estimasi per pohon bisa mencapai 8 kg. luas tanaman biomassa KPH Mantingan tahun 2019 1.814,29 hektar.

"Ini harus dijaga betul dari serangan pencari makan ternak. ini sangat penting untuk ketersediaan bahan baku pabrik biomassa,” tegasnya. 


Asper BKPH Kebon Hari Juli P mengatakan bahwa  untuk petak 115 C-1 dengan jarak tanam 2x1 meter dengan luas 4,84 sistem tanam banjar harian masuk pangkuan LMDH Wono Kencono.

"Petak ini sudah di survei juga peneliti dari UGM Yogyakarta (09/03 /2021) untuk dimabil sempel per Petak Ukur dengan berat untuk tanaman  yang besar 7,5 kg, tanggung 5,6 kg, untuk tanaman yang kecil 0,5 kg,” terang dia


"Kami berharap pembangunan pabrik segera terealisasi agar tanaman biomassa yang sekarang menjadi bisnis baru di Perhutani dapat berkembang untuk menunjang keberlangsungan Perhutani dalam mengelola hutan di Jawa dan Madura,” pungkasnya. (Sigit/DNR/Red)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »