Saturday, March 19, 2022

KPH Mantingan Tanam Pohon Untuk Hasilkan Cuan Dalam Rangka HUT Perhutani ke-61


MANTINGAN – Perhutani  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan melakukan kegiatan kegiatan Penanaman pohon  di petak 44c Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Trembes  Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Demaan, Rembang. Adapun petak mencapai  luas 26,8 hektar dengan  jenis tanaman Jati Plus Perhutani  (JPP) stek pujuk dan kesambi. Jum’at (18/03/2022). 

Petak 44c turut wilayah  desa Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang. Kegiatan Ground breaking atau penanaman dipimpin  langsung oleh Administratur KPH Mantingan Marsaid dan jajarannya,  perangkat desaTrembes, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan juga LSM Pendamping Perhutani.

Administratur KPH Mantingan Marsaid mengatakan bahwa untuk kegiatan penanaman hutan diniatkan agar kawasan hutan negara ini tetap lestari.

"Kita menanam untuk kebaikan dan juga untuk sodakoh oksigen kepada umat manusia,” ujar Marsaid.

Setiap jenkal tanah yang kita tanami itu harus hidup dan mengjasilkan cuan untuk keberlangsungan Perhutani dimasa pandemi ini. Karena untuk menenem memerlukan memerlukan sinergitas dari seluruh komponen ataupun stake holder. 

Apalagi desa Trembes diakhir tahun 2021 ini ada proyek TMMD Manunggal berupa pembangunan jalan dan Jembatan. Sekarang  pembangunannya selesai dan hasilnya bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar kawasan hutan.

Lanjut Marsaid, Pihaknya  menegaskan kepada seluruh karyawan kantor untuk menggiatkan menanam dan mensupport teman - teman petugas  dilapangan.

"Agar dimomen HUT Perhutani ke-61 ini makin kompak dari managemen sampai dengan karyawan dan stake holder lain,” ungkap Marsaid.

Sementara itu, KSS Tanaman Supriyanto A menambahkankan bahwa  akan mempercepat untuk penanaman petak unit bisnis dan agroforestry tebu Mandiri agar dapat menjadi salah satu penghasil cuan selain kayu jati. 

"Karena saat ini untuk kayu besar di BKPH Demaan prosentasenya tinggal beberapa pohon saja,” beber supriyanto.

Perlu diketahui bahwa untuk kegiatan penanaman Ground Breaking di KPH Mantingan ini sudah disiapkan bibit jutaan  plances, mulai dari Jati stek pucuk, mahoni, gemelina, Clereside, sonokeling dan juga tanaman rimba lainya, jelas Isnina Sa’diyah lsm dari yayasan Karya alam lestari yang juga ikut menanam di kawasan hutan negara. (Kom/Pht/Mnt/Sgt/DNR/Red).

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »