Friday, July 5, 2019

AWUR AWUR GAS DESO GEDANGDOWO TINGKATKAN PANEN WARGANYA

Awur awur Gasdesa Gedangdowo

Blora,- Warga Desa Gedangdowo, Kecamatan Jepon saling lempar ambeng (tumpeng), wadah berisi nasi, sayuran dan lauk pauk, dalam acara gas Deso/sedekah bumi yang dilaksanakan di lapangan Sentono, Jumat(05/07/2019) siang.

Ratusan warga desa Gedangdowo berjubel saling berebut tumpeng, 2 tumpeng yang disediakan panitia ludes di keroyok warga, dilempar dihantamkan ke sesama warga lainnya.

Adat saling lempar tumpeng tersebut oleh warga di beri nama Awur awur, yang dilaksanakan tiap setahun sekali, di makam Sentono.

Dalam berebut tumpeng ada salah satu pemuda hingga pingsan terkena lemparan tumpeng.

Muhamad Irfan (20th) salah satu pemuda Desa Gedangdowo mengaku senang ikut berebut tumpeng.

"Senang, ini adat Desa sini, sudah biasa terkena lemparan, walaupun sakit jika kena lemparan," kata Irfan sambil tersenyum.

Usai acara Awur awur dilanjutkan doa bersama dipimpin tokoh agama di Desa Gedangdowo, puluhan tumpeng yang dibawa warga didoakan untuk di bagikan ke warga.

Kepala Desa Gedangdowo Sutikno mengungkapkan jika, acara awur awur tidak dilaksanakan, akan terjadi bencana.

"Suatu ketika tidak ada awur awur, dulu pernah terjadi bencana panen warga jadi berkurang," pungkas Sutikno usai doa bersama. (HP/RED)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »