Friday, October 11, 2019

WARGA ROWOBUNGKUL NGAWEN ANDALKAN PAMSIMAS

Antrean Air Bersih Pamsimas Ngawen

Blora,- Krisis air bersih terus dirasakan warga di Kabupaten Blora, Jawa tengah. Di Desa Rowobungkul Kecamatan Ngawen, warga saat ini hanya bisa mengandalkan sumber air dari Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) desa. Untuk mendapatkan air itupun warga harus rela antri sampai berjam-jam. 

Kahar salah satu warga mengaku, krisis air bersih sudah dialami warga desa sejak 6 bulan terakhir. Setiap harinya, untuk mendapatkan air bersih warga mengambilnya dari air sungai yang dialirkan ke selang PAMSIMAS desa. 

"Ini sudah mau masuk 7 bulan mas, ya seperti ini setiap hari. Kalau pagi malah antrinya bisa 1 sampai 2 jam baru bisa bawa pulang air", ucap Kahar, Rabu (9/10). 

Nampak puluhan jerigen berjajar antri di lokasi PAMSIMAS yang berada di gerbang utama masuk desa. Warga pun dengan sabar menunggu giliran untuk mengisi jerigen mereka. 

"Biasanya setiap warga ada yang bawa 3 sampai 4 jerigen. Ya antri gini. Mau gimana lagi, yang penting kan dapat air. 

Supaji warga lain mengaku sudah sejak pukul 6 pagi mengantri. Setiap harinya ia mengambil air sebanyak 3 kali. 

"Masih antri mas. Biasanya saya ambil 3 sampai 4 kali. Itupun kalau antrian yang terlalu panjang. Kalau panjang ya 2 kali saja", terangnya. 

Meski sudah harus antri lama, namun untuk mendapatkan air itu warga harus mengeluarkan uang. Untuk setiap 3 jerigen warga harus membayar Rp 1.000. 

"Uang hasil penjualan ini digunakan untuk pemeliharaan PAMSIMAS. Kan tetap butuh untuk bayar listrik juga", ucap Rosidin pengelola PAMSIMAS. (HR/RED)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »