Monday, January 27, 2020

Kepala Dinkes Blora Himbau Warga Blora Tidak Usah Panik Atas Virus Corona

Kepala Dinkes Kabupaten Blora
BLORA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora mengimbau warga masyarakat Blora agar tidak perlu panik dan gelisah terkait dampak virus Corona yang mewabah di Wuhan, China.

Seperti yang ramai diberitakan, virus tersebut juga mulai menyebar ke negara lain termasuk Ameriksa Serikat.

“Kami himbau warga masyarakat tidak perlu panik dan berlebihan. Pastikan kondisi fisik selalu sehat dan minum vitamin. Juga menjaga kebersihan, cuci tangan pakai sabun, setelah itu bilas lebih kurang 20 detik,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinkes Kabupaten  Blora, Lilik Hernanto, di  Blora, Senin (27/01/2020).

Jika tidak tersedia air, kata dia, dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen.

Sedang jika mengalami suhu badan lebih dari 38 derajat celsius, menurut Lilik Hernanto, segera memeriksakan diri ke petugas kesehatan terdekat.

“Kalau mengalami peningkatan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celsius, segera periksa ke petugas kesehatan. Kita juga harus menjaga lingkungan agar bebas dari sampah, menggunakan sumber air bersih untuk kebutuhan aktivitas keseharian,” katanya.

Sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah, kata Lilik Hernanto, sudah mendapatkan rujukan untuk perawatan pasien yang diduga suspect virus Corona.

Di antaranya, RS Moewardi Solo, RS Karyadi Semarang, RS Margono Banyumas, RS Soeradji Tirtonegoro Klaten, RS Soeselo Slawi dan RS Tidar Kota Magelang.

“Untuk rumah sakit di Blora sendiri juga telah siap menerima pasien yang diduga suspect virus Corona. Tapi sampai sekarang belum ada dugaan kasus suspect virus corona tersebut,” terangnya.

Untuk diketahui, Dalam  mencegah penyebaran virus yang berasal dari China masuk ke Indonesia, pemerintah melalui kementerian kesehatan (Kemenkes) telah mengaktifkan 135 alat pemindai suhu tubuh atau thermo scanner di 135 pintu masuk Indonesia, baik melalui darat, laut, maupun udara.

"Thermo scanner sudah terpasang pintu kedatangan dari luar negeri di Bandara dan pintu masuk lainnya, bila terdeteksi langsung di lakukan penanganan rumah sakit setempat," pungkas Lilik Hernanto. ( SYN/RED)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »