Friday, April 23, 2021

Desa Karangasem Akan Manfaatkan Kawasan Hutan untuk Wisata Rintisan

REMBANG - Desa Karangasem manfaatkan kawasan hutan untuk wisata rintisan religi dan wisata alam, melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) “Wana Laga” Desa Karangasem Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang.
Lokasi pengembangan wisata rintisan terletak hutan produksi yang akan dijadikan  kawasan perlindungan sebagai rintisan wisata pengembangan dan pemanfaatan hutan yang belokasi di petak 100 F, petak 100 G serta petak 124 A Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Tlogo Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Ngiri Perhutani 
KPH Mantingan dan petak 45 atau sepanjang alur sungai Simoturun RPH Pasedan BKPH Medang KPH Mantingan.

Ketua LMDH Wana laga M Mohni mengatakan bahwa bersama dengan masyarakat desa Karangasem ingin mengelola kawasan itu menjadikan wisata religi dan wisata alam.

"Sesuai dengan isi pasal 5 UU No.5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya,”  terangnya. Kamis kemarin (22/04/2021)

Lanjut Mohni, Pengembangan ecoturism di kawasan pelestarian alam seperti taman nasional ataupun hutan lindung harus memenuhi 3(tiga) prinsip, prinsip kesatu yaitu menjamin perlindungan sistem penyangga kehidupan, kedua adalah memelihara pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya. Ketiga menyangkut pemafaatan secara lestari sumberdaya hayati.

"Dengan akan dikembangkannya sektor pariwisata di desa karangasem maka akan menjadikan kerjasama yang baik dari Perhutani, Pemerintah maupun dan Masyarakat,” tuturnya.

Kepala Desa Karang Asem Rosidi Mengatakan bahwa untuk wisata rintisan ini kami akan kerjasamakan dengan Perhutani. LMDH, Masyarakat desa Karangasem. 

"Pengembangan pariwisata di kawasan hutan ini kami akan  menggunakan konsep pariwisata wana wisata yang dirumuskan dalam UU Nomor 09 Tahun 2019," tandas Kepala Desa Karang Asem.

Rosidi melanjutkan bahwa Kepariwisatan merupakan peran penting untuk memperluas dan memeratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan daerah, memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta memupuk rasa cinta tanah air, memperkaya kebudayaan nasional dan memantapkan pembinaan dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa dan mempererat persahabatan antar bangsa.

Semenatara itu, Wakil Administratur Dwi Anggoro Kasih ketika ditemui diruang kerjanya untuk pengajuan proposal dari LMDH Wana laga samapi saat  ini belum kami terima. Anggoro menjelaskan bahwa pada prinsipnya kami akan membantu masyarakat ataupun LMDH yang ingin mengembangkan potensi kawasan hutan sebagai wisata rintisan.

"Seperti beberapa LMDH yang sudah mengajukan kami akan menindaklanjuti dengan pemeriksaan lapangan,” Ujar Anggoro. (Sigit/Humas/Mnt/Red)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »