Tuesday, March 22, 2022

Barung Hijau Putri SDN Tasikagung Raih Predikat Tergiat dalam Pesta Siaga Kwartir Cabang Rembang


REMBANG - Barung Hijau Putri yang berpangkalan di SDN Tasikagung Rembang berhasil meraih predikat tergiat 1 putri dalam ajang Pesta Siaga Kwartir Cabang Rembang yang diselenggarakan di komplek museum Kartini Kabupaten Rembang, Sabtu (19/03/2022).

Kegiatan Pesta Siaga yang merupakan asah ketrampilan dan penanaman pendidikan karakter pada anak –anak usia 7 hingga 10 tahun. Pesta siaga Cabang dimasa pandemi ini diikuti oleh 28 barung dari 14  Kwartir Ranting  se-Kawrtir Cabang Rembang.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz, S.Pdi., selaku Kamabicab saat membuka Pesta siaga cabang berpesan kepada anak - anak siaga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) karena Pramuka itu merupakan agen perubahan dalam menjalankan Prokes.

"Tanamkan jiwa anak - anak peserta ini adalah kompetisi yang sangat menyenangkan bukan menegangkan, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang tertanam dalam Dwi Darma Dwi Darma Pramuka untuk mencetak kaum muda yang berkarakter," ujarnya.

Pada kesempatan yang berbahagia itu, Kepala SD Tasikagung Ngatini SP.d dihadapan media mengatakan bahwa sudah mempersiapkan diri sejak awal diedarkannya juklak pesta siaga tingkat Ranting. namun karena wabah covid Omicron maka pelaksanaan jadi tertunda.

"Begitu kami mengajukan diri dan ditunjuk Kwaran sebagai duta Kwaran Rembang  kami mempersiapkan diri dengan baik. karena untuk mengikuti Pesta siaga Cabang banyak materi yang baru yang belum kami lakukan sebelumnya,” jelas  Ngatini.

Berkat  kegigihan  pembina dan anak - anak dan juga dukungan semua Guru di SDN Tasikagung Rembang semua materi baru dapat kami lakukan, imbuhnya.

"Dengan hanya menyisakan waktu 1 bulan kami berlatih  setiap hari mulai dari seni parade baca puisi, seni tari daerah dan juga lagu perjuangan untuk kami gunakan latihan mulai jam 09.00 sampai jam 11.00. WIB dan ternyata hasilnya anak juga tampil maksimal," ucapnya. 

Lanjut Ngatini, pembina dan anak - anak akan mempersiapkan diri lagi dengan baik untuk mengikuti kegiatan pesta siaga tingkat binwil yang akan dilaksanakan di kabupaten Kudus.

"Bila kami lolos lagi kami akan mengikuti kegiatan Perkemahan sehari (Persari) di tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah. Kira - kira tahun 2017 lalu, kami mewakili Kwarcab Rembang dan mendapatkan medali perunggu. doakan saja mudah-mudahan kedepan, kami dapat mengulangi prestasi yang sama,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Ranting (Kwaran)  Rembang Edy Muryanto, SPd., ketika dihubungi via WhatsApp-nya mengatakan bahwa percaya untuk Kwaran Rembang dapat tampil maksimal.

"Kami mengirimkan duta 1 barung putra dari SDN 6 Kutoharjo dan Barung Putri dari SDN Tasikagung Rembang. Alahmdulllah untuk barung Putri dapat tergiat 1 dan barung putra tergiat 8. dan untuk mewakili Kwarcab Rembang hanya tergiat 1 yang akan mewakili Rembang," ungkapnya.

Ini pertama kali dimasa pandemi, lanjut Ketua Kwaran, kegiatan pesta siaga dilakukan secara luring. Sudah 2 tahun  vakum untuk kegiatan anak-anak siaga. Namun untuk kegiatan Penggalang setingkat SMP dan Penegak setingkat SMA dilakukan secara daring.

"Kami berharap SDN Tasik agung dapat mengulangi prestasi yang pernah ditorehkan di tingkat Kwartir Daerah beberapa tahun yang lalu," pungkasnya. (Sigit/DNR/Red).
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »