Monday, May 23, 2022

Hewan Ternak Yang Akan Diperjualbelikan di Pasar Pon Blora Diperiksa Petugas


BLORA - Setiap pasaran Jawa yakni Pon, pasar hewan di kabupaten Blora ramai penjual dan pembeli, Pada Minggu, (22/05/2022) bertempat di wilayah desa Ngampel kecamatan Blora, petugas gabungan yang terdiri dari Polsek Blora Polres Blora bersama Koramil, Satpol PP dan Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Blora melakukan razia atau pemeriksaan terhadap hewan yang akan diperjualbelikan di pasar pon atau pasar hewan Kabupaten Blora.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan Penyakit Mulut Dan Kuku, (PMK) di wilayah Blora dan sekitarnya.

Polsek Blora bersama Koramil, Satpol PP dan Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Blora melakukan razia atau pemeriksaan terhadap hewan yang akan diperjualbelikan di pasar pon Blora 

Untuk diketahui, setiap hari pasaran jawa (Pon) di wilayah Blora tepatnya di wilayah kelurahan Tegalgunung Blora di gelar pasar hewan ternak seperti kambing dan sapi yang ramai dikunjungi warga. Untuk antisipasi itulah petugas gabungan melakukan pemeriksaan.

Petugas gabungan menghentikan kendaraan yang muat hewan ternak, kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan hewan serta melakukan penyemprotan disinfektan.

Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah,SH,MH melalui Kapolsek Blora AKP Yulianto,SH membeberkan bahwa kegiatan pemeriksaan dan pengawasan ini akan terus dilakukan secara berkala. Terutama pada saat pasaran hewan dimana ramai dikunjungi warga. 

"Pemeriksaan dan pengawasan akan terus kita lakukan secara berkala. Dan kali ini kita lakukan razia hewan ternak yang akan diperjualbelikan. Harapannya dapat memastikan kesehatan hewan. Karena jika ditemukan hewan yang sakit dengan ciri ciri penyakit PMK bisa langsung kita tindaklanjuti secara cepat," kata Kapolsek Blora.

Setidaknya hari ini petugas gabungan telah memeriksa dan melakukan penyecekan terhadap 35 unit kendaraan bermotor yang memuat hewan ternak berupa 113 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan hewan yang sakit.

"Alhamdulilah tidak ditemukan hewan yang sakit, namun demikian masyarakat tetap kita imbau harus selalu waspada PMK dengan menjaga kebersihan hewan dan kandang," tandasnya. (Made/Red)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

Danramil 01/Blora Lepas Anggota yang Purna Tugas

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) — Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno melepas satu orang anggotanya yang telah purna tugas, dalam acar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »