Tuesday, March 19, 2024

Cuaca Ekstrim 1 pohon Jati Tanaman tahun 1947 Tumbang



BLORA (SUARABARU.ID) — 
REMBANG — Cuaca yang ekstrim beberapa hari di wilayah kabupaten Rembang membuat 1 tanaman jati tumbang menimpa los pertokoan desa yang ada di dukuh Dawe, tidak ada kurban jiwa. Hanya menimpa kamar mandi toko dan merusak antena Parabola. Minggu (17/03/2024)

KRPH Pasedan Supriyadi langsung menuju lokasi untuk mengamankan pohon jati yang tumbang karena bencana alam. Pohon jati yang tumbang ditanam tahun 1947 marupakan Areal Pembibitan benih ( APB) yang masuk petak  53a RPH masuk Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pasedan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Medang.

Ia langsung mengamankan barang bukti untuk dibawa ke TPK Mantingan untuk diamankan. Pohon yang tumbang menimpa warung belakang milik Rumi warga desa Mantingan. Untung tidak ada kurban hanya Kerusakan ringan dapur dan kamar mandi yang tertimpa rantingnya.

Saksi mata Asih Widajati menyampaikan kejadian sekitar jam 05.00. tiba-tiba ada suara gubrak ternyata 1 pohon Jati Pinngir Hutan telah roboh dan untung hanya menimpa kamar mandi warung. Saya juga was-was kebetulan rumah saya juga bersebelahan dengan ruko-ruko yang dibangun oleh desa. 


Administratur KPH Mantingan melalui Waka Adm Rastim mengatakan kepada media bahwa untuk kerusakan yang menimpa warung milik Rumi telah kami perbaiki semuanaya mulai dari dapur kamar mandi dan parabola," Jelas dia.

Untuk BB langsung kami amankan ke TPK Mantingan yang dipotong menjadi 23 batang yang masuk kategori A 1 15 batang, A II 3 batang , A III 4 batang dan JPP 1 batang jumlah kubikasinya mencapai 1,407 m3. Sedangkan kalau diuangkan 1 pohon yang tumbang mencapai Rp. 5,198.708

Ia juga berpesan kepada masyarakat yang sekiranga rumahnya masih berdekatan dengan kawasan hutan, untuk selalu waspada dan melaporkan kepada perhutani bila ada pohon kawasan hutan yang sekiranya membahayakan rumah warga seperti di area pasar dawe ini untuk melaporkan kepada Penguasa wilayah setempat agar bisa diambil tindakan secepatnya. (Sigit/Redaksi). 

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru

1.000 Anak Yatim Piatu di Blora Terima Santunan Sukun Kudus

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 - Sebanyak 1.000 anak yatim piatu di Blora terima santuan dari Perusahaan Rokok (PR) Sukun. Penyerahan santunan secar...

Total Pageviews

Contact Form

Name

Email *

Message *

Labels

Education

SELANJUTNYA »